SEPUTAR ASI : INI MOMS ! ANJURAN PEMBERIAN ASI UNTUK SI BUAH HATI


SEPUTAR ASI : INI MOMS ! ANJURAN PEMBERIAN ASI UNTUK SI BUAH HATI

Hallo Moms, tahu nggak sih anjuran pemberian ASI berdasarkan usia seberapa banyak sih ? Hingga usia berapa nih bayi harus mendapatkan ASI ? Nah, di artikel kali ini, akan berbagi ilmu unutuk menjawab pertanyaan tersebut moms.
Yuk simak penejelasan berikut ini.

PEMBERIAN ASI USIA 0-6 BULAN
Pada usia ini, bayi hanya membutuhkan asupan nutrisi 100% dari ASI moms, lebih tepatnya pemenuhan ASI sebesar 700-1000 gram setiap bulannya. Selama 6 bulan pertama kelahiran, moms cukup memberikan sang buah hati ASI saja tanpa perlu memberikan makanan atau cairan lainnya, seperti : air, air gula, teh, madu, dan cairan lainnya kecuali obat yang telah dikonsultasikan dengan dokter.

Usia 0 – 6 bulan, organ tubuh si buah masih dalam proses perkembangan penyempurnaan sehingga tidak bisa semua makanan ataupun minuman dapat masuk dan diserap oleh tubuh. Moms harus menerapkan ASI Ekslusif selama 6 bulan pertama kelahiran.




PEMBERIAN ASI USIA 6-12 BULAN
Pada usia 6-12 bulan, bayi telah memiliki kekebalan tubuh yang dapat melindungi si buah hati, selain itu kebutuhan nutrisi bayi semakin meningkat pada usia ini moms seperti asupan zat besi, oleh karenanya perlu adanya makanan pendamping ASI atau MP-ASI.

Kebutuhan ASI pada usia 6 -12 bulan yaitu sebesar 60-70%. Bayi moms perlu mendapatkan asupan nutrisi yang adekut dari makanan lainnya untuk mendukung proses tumbuh kembangnya moms. Perlu diperhatikan ya moms, bahwa pada usia ini bayi masih perlu mendapatkan ASI dan makanan pendamping ASI, bukan penganggati ya moms.

PEMBERIAN ASI USIA 12-24 BULAN
  
Pemenuhan ASI pada usia > 12 bulan yaitu sebesar 30-40% moms, pada usia ini  bayi telah mendapatakan makanan pendamping ASI dan bayi memulai belajar menyesuikan makanan keluarga. Namun bayi moms masih tetap perlu diberikan ASI hingga usianya 24 bulan, hingga akhirnya disapih.


Semoga bisa menjawab kegelisahan dan pertanyaan moms ya. Tetap selalu berikan nutrisi terbaik untuk si buah hati ya moms, salah satunya dengan pemberian ASI.


BACA JUGA : ASI EKSLUSIF : YUK MOMS KETAHUI 3 JENIS ASI BERDASARKAN WAKTU PRODUKSINYA

0 Comments